Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Batung Batulis Hotel, Kota Banjarmasin

Minggu, 15 Oktober 2017 02:37:18
photo: hotel batung batulis / google street view

Hotel Batung Batulis berada di tepian Sungai Martapura, Kota Banjarmasin, ibukota Kalimantan Selatan. Berada di pusat kota, ia bertetangga dengan Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Jaraknya dari Kantor Gubernur Kalsel pun hanya sekitar 250 meteran. Siapa pemilik hotel bintang 1 yang tiap bulan merugi Rp 30 juta ini? Pemiliknya tak lain Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, lewat BUMD yang dipercaya untuk mengelolanya: PT Bangun Banua Kalimatan Selatan. Meski sekarang merugi terus, di puncak kejayaannya pada tahun 2012, hotel ini pernah meraup laba hingga Rp 1 miliar.

Kisah manis laba Rp 1 miliar itu diceritakan sendiri oleh Wisnadi, Direktur Utama PT Bangun Banua Kalimantan Selatan. Hanya saja, ia menceritakannya dalam rangka menceritakan nasib sang hotel yang merugi terus sejak 2014. Tapi, rugi Rp 30 juta itu bukan karena biaya operasional hotel yang satu ini saja, tetapi juga untuk Hotel Batung Batulis yang ada di Banjarbaru, yang juga hotel pelat merah. Adapun biaya operasional kedua hotel itu per bulannya mencapai Rp 80 juta, yang Rp 40 juta di antaranya dipakai untuk membayar listrik. Dengan kata lain, meski berstatus merugi, kedua Hotel Batung Batulis sebenarnya masih mendatangkan pemasukan dari para tamunya.

Untuk menombok kerugian, PT Bangun Banua Kalimantan Selatan tidak menyusu ke Pemprov Kalsel. Kekurangan biaya operasional kedua Hotel Batung Batulis diambilkan dananya dari salah satu anak perusahaannya, PT Ambang Barito Nusapersada, yang bergerak di bidang pengelolaan alur Sungai Barito. Perusahaan ini merupakan perusahaan patungan dengan PT Pelindo III (persero). Dengan kepemilikan saham 60 persen, PT Bangun Banua Kalimantan Selatan menikmati dividen miliaran setiap tahunnya: Rp 6 miliar (2014), Rp 5,5 miliar (2015), dan Rp 8 miliar (2016).

Meski kabar rugi sang hotel disebut mulai berlangsung sejak 2014, dugaan nasib buruknya sudah mencuat sejak 2012. Setidaknya sejak anggota DPRD Kalsel pulang dari studi banding ke Jawa Barat, terkait rencana Pemprov Kalsel menyerahkan Hotel Batung Batulis, serta menambah penyertaan modal, kepada Perusahaan Daerah Bangun Banua Kalimatan, nama lama sang BUMD. Ketika itu DPRD Kalsel menyimpulkan kalau sang BUMD perlu 'lebih profesional' jika ingin mengikuti jejak BUMD di Jawa Barat. Hampir setahun kemudian, Maret 2013, DPRD Kalsel juga studi banding ke Jawa Timur, ketika status badan hukum PD Bangun Banua Kalimatan Selatan akan diubah jadi perseroan terbatas. Perubahan status itu akhirnya terjadi pada Juni 2014.

Di masa jayanya, Pemprov Kalsel dan BUMD pengelola Hotel Batung Batulis memang serba optimis. Terlebih karena sang hotel dikabarkan punya andil besar dalam menyumbang setoran PAD PD Bangun Banua Kalimatan Selatan pada 2010 yang Rp 1,47 miliar dan Rp 2,2 miliar pada 2011. Karenanya, pada 2013, pernah berkembang wacana untuk mengupgrade Hotel Batung Batulis Banjarmasin dari hotel bintang 1 (3 lantai dengan 18 kamar, seperti sekarang) menjadi hotel bintang dua (5 lantai, 100 kamar), dengan biaya investasi Rp 75 miliar. Begitu juga dengan Hotel Batung Batulis Banjarbaru diwacanakan diupgrade menjadi hotel 5 lantai, 150 kamar, dengan investasi Rp 100 miliar.

Rencana itu belum terwujud. Yang terjadi, seperti sudah disebut di awal, pada Maret 2017 sang BUMD mengaku kalau usaha hotelnya rugi Rp 30 juta per bulan sejak 2014. Pemprov Kalsel kecewa? Marah? Tidak juga. Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Kalsel, H Zulkifli, bahkan dengan santai bilang: kalau PT Bangun Banua Kalimatan Selatan meminta bantuan dana untuk membangun hotel, Pemprov pasti akan membantu. ''Pemprov akan mengusahakan membantu perusahaan milik sendiri.'' kata Zulkifli. Dan di antara kedua Hotel Batung Batulis, ia menilai Hotel Batung Batulis di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Banjarmasin, lebih prospektif karena berada di lokasi yang strategis. Dan kalau hotelnya sudah bagus fasilitasnya, serta bagus layanannya, Pemprov akan mengarahkan para tamu kedinasan agar menginap di sana.

Peta & Citra Satelit

Hotel Banjarmasin

Batung Batulis Hotel
Jl. Jenderal Sudirman No.1
Kelurahan Antasan Besar
Kecamatan Banjarmasin Tengah
Kota Banjarmasin
Kalimantan Selatan

Tel: 0511-3353458, 4366269
Fax: 0511-4366270


Pemilik:
PT Bangun Banua Kalimantan Selatan - www.bangunbanua.co.id