Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Sensa Hotel, Cihampelas Walk, Bandung
Kamis, 20 Desember 2012 10:50:53
photo: che/indoplaces
Suka film Startrek? Hotel Sensa boleh dibilang, sedikit ataupun banyak, mirip USS Enterprise, pesawat ruang angkasa yang jadi jagoan di film futuristik itu. Dari tampilan depannya, sampingnya, dan bahkan jika dilihat dari langit, nuansa futuristik hotel ini memang amat terasa. Semua serba lengkung dan oval. Tak terlihat pola kotak-kotak penanda hotel hemat lahan dan hemat bahan. Dan rupanya, memang itu maunya PT Karya Abadi Samarga, sang pemilik dan pengelola, yang menginginkan hotel berarsitektur futuristik dan sekaligus minimalis. Dan rasanya tak salah pula kalau hotel yang dirancang Budiman H Hendropurnomo, arsitek di PT Duta Cermat Mandiri, ini menerima anugerah IAI Award 2011.

Meski desainnya yang serba oval dan bulat itu mirip spaceship, ide dasarnya dipetik dari sosok kupu-kupu. Tepatnya, kupu-kupu yang menjadi logo hotel. Sedangkan nama hotel, Sensa, dicomot dari kata 'sensation', karena sang pemilik memang ingin membuat mata tamu langsung tersentak jika melihatnya. Ketersentakan ini mestinya terasa, karena hotel yang satu area dengan pusat perbelanjaan Cihampelas Walk ini memang 'tersembunyi' di belakang deretan toko-toko busana yang ada di sentra jeans sepanjang Jalan Cihampelas, Bandung. Juga sensasional jika dilihat dari kawasan Jalan Pelesiran, kawasan padat penduduk yang jadi tempat kost favorit mahasiswa ITB dan kampus lain di sekitarnya.

Hotel Sensa resmi dibuka (soft-launching) pada akhir November 2009, setelah menjalani proses pembangunan selama 1,5 tahun. Hotel berkelas bintang 4 (empat) ini punya 14 lantai: 12 lantai di atas tanah dan 2 lantai bawah tanah. Total kamar yang tersedia sebanyak 128 kamar: di setiap lantai terdapat 4 kamar berbentuk setengah lingkaran. Dan mengikuti nasehat fengshui, selain tak punya lantai bernomor 13, Hotel Sensa juga tak punya lantai bernomor 4.
Sensa Hotel
Cihampelas Walk
Jalan Cihampelas No. 160
Bandung - 40131

Tel: 022-2061111
Fax: 022-2061030

Website: www.sensahotel.com

Cihampelas Walk - www.cihampelaswalk.com
Sensa Hotel punya 128 kamar, yang dipilah menjadi 80 superior room, 16 deluxe room, 16 junior room, 14 senior room, dan 2 Sensa Suites. Tarifnya, kalau menyimak Agoda.com, yang termurah adalah superior rooms, yang tarif resminya mulai Rp 1,7 jutaan, namun didiskon Agoda menjadi Rp 770 ribuan. Yang termahal tentulah Sensa Suite: tarif resmi Rp 7,4 jutaan, tarif diskon Agoda-nya Rp 3,3 jutaan.
Meksi tak punya ballroom untuk hajatan besar, Hotel Sensa punya 6 meeting room. Yakni: Paris Room, Frankfurt Room, Tokyo Room, London Room, Shanghai Room, dan New York Room. Ruang terkecil adalah Paris Room, yang luasnya hanya 9,9 meter persegi. Yang terluas adalah New York Room, 133,9 meter persegi, yang bisa menampung sebanyak 100 orang. Bagi yang memerlukan ruang ala ballroom untuk resepsi, meeting room yang ada bisa disatukan agar mampu mengakomodasi 300 orang.
Places di Kota Bandung
DSE Factory Outlet, Juanda, Kota Bandung
Living Plaza, Dago Plaza, Kota Bandung
Angkringan Dago, Juanda, Kota Bandung
BPR Karyajatnika Sadaya, KK Wastu Kencana, Kota Bandung
Badiklatda Provinsi Jawa Barat, Windu, Kota Bandung
Dinas Perikanan dan Kelautan Jabar, Wastukencana, Kota Bandung
Bank BNI - Kanwil Bandung, Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung
Bank Danamon - KC Bandung Asia Afrika, Kota Bandung
Gereja Bethel, Wastukencana, Kota Bandung
Gereja Alpha Omega, Gatot Subroto, Kota Bandung
Gereja Kerasulan Baru di Indonesia, Dago, Kota Bandung
Gedung Keuangan Negara, Asia-Afrika, Bandung
Yamaha JG Asia-Afrika, Asia-Afrika, Bandung
SMK Sandhy Putra, SMK Pariwisata Telkom Bandung
Akademi Pariwisata Sandhy Putra, Bandung
Berita Kota Bandung
Presiden Jokowi Blusukan ke BIP Lihat Produk Asli Bandung
Presiden Jokowi: Teras Cihampelas Perlu Ditiru Kota Lain
Peran Bandara Husein Sastranegara Akan Digantikan Bandara Kertajati
Pemkot Bandung Resmikan Skywalk Cihampelas - Teras Cihampelas
Pembangunan Skywalk, Jalan Cihampelas Ditutup Selama 12 Jam
Pemkot Bandung Mulai Bangun Skywalk Cihampelas
Lapas Banceuy Bandung Ricuh, Bangunan Terbakar
Ridwan Kamil Resmikan Taman Alun-alun Ujungberung
Pemkot Bandung Rawat 300 Bayi HIV/AIDS
Ridwan Kamil: Bandung Raup Devisa Rp 100 M dari Peringatan 60 Tahun KAA