Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Discovery Ancol Hotel, Taman Impian Jaya Ancol

Jumat, 19 April 2019 20:45:59
photo: hotel discovery ancol / google sv

Discovery Ancol Hotel merupakan nama baru bagi Raddin Hotel. Hadir pada 1994, hotel bintang 4 di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol ini tutup pada 22 Mei 2007. Sempat akan dinamai The Palace Ancol Hotel, hotel besar yang punya 257 kamar ini akhirnya beroperasi kembali pada Juli 2014 dengan nama Discovery Ancol Hotel, atau kadang disebut juga sebagai Discovery Hotel & Convention Ancol. Tak cuma ganti nama, pemilik hotel pun berganti dari PT Jakarta Setiabudi Internasional Tbk menjadi PT Marina Ancol Green Hotel, sebuah perusahaan di lingkungan Artha Graha Network.

''Kinerja finansial Hotel Raddin sejak dioperasikan tahun 1994 sampai dengan tahun 2006 sangat memprihatinkan karena mengalami akumulasi rugi sebesar Rp 530 miliar,'' bilang Presiden Direkturi PT Jakarta Setiabudi Internasional Tbk Jefri Darmadi, dua hari setelah menghentikan kegiatan operasional Hotel Raddin Ancol pada 22 Mei 2007. Lebih rinci lagi ia bilang kalau setiap tahunnya rata-rata hotel itu rugi hingga Rp 41 miliar. Atau dalam bahasa finansialnya: total kewajiban Hotel Raddin per akhir tahun 2006 sudah mencapai 435 persen dari total aset yang dimilikinya.

Hotel Raddin Ancol, atau yang biasa disebut dengan nama Raddin Hotel saja, hanyalah satu dari 3 hotel berlabel Raddin. Dua lainnya ada di kawasan Kuningan, Jakarta, dan di Denpasar (Sanur), Bali. Saat itu, semuanya ingin dijual. Pada November 2018, pemilik Grand Hyatt Hotel di Bali ini bilang kalau Hotel Raddin yang di Kuningan sudah laku, dan tersisa Hotel Raddin di Ancol dan Denpasar (Sanur). Pada 2004, Hotel Raddin Sanur, yang sudah beroperasi sejak 1989, diganti nama menjadi Mercure Resort Sanur. Di tahun yang sama, hotel lain miliknya, Hotel Horison Ancol, juga berganti nama jadi Mercure Convention Center. Kedua hotel berlabel Mercure ini masih eksis sampai sekarang dan belum berganti pemilik.

Raddin Hotel Ancol resmi beralih tangan ke PT Marina Ancol Green Hotel, anggota jaringan perusahaan Artha Graha Network, mulai 6 Juni 2011. Berapa nilai jualnya tidaklah diketahui. Pada tahun itu juga sejumlah kontraktor mulai bekerja membenahi hotel 9 lantai yang berada di lahan seluas 27.293 meter persegi itu. PT Meltech Consultindo Nusa menggarap pekerjaan mekanikal dan elektrikalnya pada 2011. Tahun berikutnya, giliran PT Jaya Kusuma Sarana melakukan renovasi ballroom serta ruang gym dan spa. Kedua perusahaan ini dalam portfolionya menyebut nama The Palace Ancol Hotel sebagai nama baru bagi Hotel Radin Ancol.

Ketika akhirnya kembali membuka pintu bagi para tamu pada Juli 2014, nama yang dipakai adalah Discovery Ancol Hotel atau Discovery Hotel & Convention Ancol. Soal mengapa nama The Palace Ancol Hotel tak jadi dipakai, tidaklah terlalu jelas. Yang pasti, nama ini sekarang dipakai untuk hotel satu group yang berlokasi di samping Istana Presiden di Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Adapun yang menjadi pengelolanya adalah Discovery Hotels & Resorts (PT Dharma Harapan Raya), perusahaan manajemen hotel di lingkungan Artha Graha Network. Perusahaan ini merupakan patungan antara PT Jakarta International Hotels & Development --pemilik Hotel Borobodor di Jakarta Pusat-- dengan PT Ciptadaya Gema Puspita. Sekarang, Discovery Hotels & Resorts mengelola Hotel Borobudur (Jakarta), Hotel Discovery Kartika Plaza (Kuta), Hotel Discovery Ancol, Palace Hotel (Cipanas), Ebony Hotel (Banjarmasin), dan Pulau Seribu Marine Resort (Kepulauan Seribu).

Konsep yang diusung Discovery Ancol Hotel saat mulai beroperasi adalah hotel bernuansa Betawi. Salah satu wujud kongkritnya adalah kehadiran restoran ''Kembang Goyang Cafe'' yang menyajikan menu khas Betawi. Logo hotel yang dipakai adalah mirip logo perusahaan pengelolanya, yang bernuansa arah mata angin atau pancaran sinar matahari. Namun mulai Januari 2019 , Dicovery Ancol Hotel memperkenalkan logo baru yang berupa hurup D yang punya ekor selembar daun. Tepatnya, daun sirih. Kok daun sirih? Katanya, selain karena daun sirih dikenal khasiat kesehatannya, juga karena ingin akrab dengan lingkungan. Hal ini tercermin dari kehadiran sekitar 314 jenis pohon dan tanaman di area hotel. Wujud lainnya: minuman di hotel tak lagi disajikan pakai sedotan plastik, melainkan pakai sedotan dari bubur pinus atau dari dedaunan.

Soal fasilitas inap, Disovery Ancol Hotel masih tampil besar. Totalnya ada 257 kamar di hotel yang berseberangan dengan Dunia Fantasi (Dufan) Ancol ini. Rinciannya: Superior Room (61 kamar), Deluxe Room (138 kamar, ukuran 28 meter persegi), Premier Room (16 kamar), Family Room (5 kamar), Deluxe Suites (31 kamar ukuran 51 meter persegi), Premier Suites (3 kamar ukuran 113 meter persegi), Executive Suites (1 kamar ukuran 133 meter), Discovery Suite (1 kamar ukuran 195 meter persegi di lantai 8), dan Presidential Suite (1 kamar ukuran 276 meter persegi di lantai 8).

Untuk urusan konvensi, hotel yang masih satu kelurahan dengan ITC Mangga Dua dan WTC Mangga Dua ini memiliki Discovery Convention Center yang berkapasitas 2.500 orang, serta punya 14 ruang pertemuan berbagai ukuran. Bagi yang ingin menikmati suasana Ancol 360 derajat, ke arah laut ataupun ke arah pusat kota Jakarta, bisa memanfaatkan Discovery Sky Lounge yang ada di puncak hotel atau di lantai 9.

Peta & Citra Satelit

Hotel Ancol

Discovery Ancol Hotel
Taman Impian Jaya Ancol
Jl. Lodan Timur No. 7
Kelurahan Ancol
Kecamatan Pademangan
Jakarta Utara

Tel: 021-29377777
Fax: 021-29459707

Website: www.discoveryhotelancol.com


Discovery Hotels & Resorts
PT Dharma Harapan Raya
Hotel Borobudur
Jl. Lapangan Banteng Selatan No. 1
Kelurahan Pasar Baru
Kecamatan Sawah Besar
Jakarta Pusat

Tel: 021-3835050
Fax: 021-3835055

Website: www.discovery-hotel.com


Supplier Test Kit DBD - Denguecheck Combo
Places TerdekatKm
Taman Impian Jaya Ancol 0,878
WTC Mangga Dua 0,909
PT Pengerukan Indonesia, Ancol Baru 3,709
Pabrik Kertas Babelan 4,301
Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman 4,360
Dari Passer Baroe ke Pasar Baru 4,392
LKBN Antara, Warisan Adam Malik di Pasar Baru 4,429
Gedung Daendels, Kantor Menko Perekonomian 4,863
Gedung Sumitro Djojohadikusumo, Kantor Bapepam-LK 4,935
Istana Merdeka, Istana Negara 4,967
Hotel TerdekatKm
Orchardz Hotel Jayakarta, Jakarta Pusat 1,985
TravellerS Hotel Jakarta, Pangeran Jayakarta 2,297
Orchardz Hotel Industri, Jakarta Pusat 2,442
Fashion Hotel, Jakarta Pusat 2,587
Hotel 88 Mangga Besar 62, Mangga Besar, Jakarta Barat 2,706
Peninsula Hotel, Mangga Besar, Jakarta Barat 2,713
The Jayakarta SP Jakarta Hotel & Spa, Hayam Wuruk, Jakarta Barat 2,815
Mercure Jakarta Kota Hotel, Hayam Wuruk, Jakarta Barat 2,985
Hollywood Hotel, Jakarta Barat 3,008
Alpine Hotel, Gunung Sahari, Jakarta Pusat 3,350