Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Mercure Jakarta Kota Hotel, Hayam Wuruk, Jakarta Barat
Selasa, 01 Agustus 2017 17:29:40
photo: mercure jakarta kota / google street view
Mercure Rekso Hayam Wuruk Hotel. Ini nama hotel di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat, milik group Teh Botol Sosro, yang diresmikan 15 November 1997. Belakangan namanya diganti menjadi Mercure Jakarta Kota Hotel. Ketika belum menjulang tinggi, atau saat pertama kali hadir pada 1950, namanya Hotel Chiao Tung. Pada 1966, hotel 90 kamar ini salin nama jadi Hotel Wisata Djaja. Group Teh Botol Sosro membeli hotel tua ini pada 1989. Sempat direnovasi, pada 1994 hotel ini akhirnya dirombak total dan menjelma menjadi hotel baru yang jangkung, yang menjulang setinggi 16 lantai.

Tak diketahui dari mana nama 'Rekso' dipetik. Yang jelas, di bulan yang sama dengan pembukaan Mercure Rekso Hayam Wuruk, keluarga Sosrodjojo --pemilik usaha Teh Botol Sosro--membentuk induk perusahaan bernama PT Anggada Putra Rekso Mulia. Perusahaan induk yang berdiri pada 27 November 1997 itu dikenal sebagai Rekso Group. Pemakaian kata 'Rekso' pada nama hotel akhirnya disudahi dan diganti jadi Mercure Jakarta Kota pada 1 Juni 2010. Tak diketahui mengapa nama itu yang dipakai, karena lokasi hotel lumayan jauh dari kawasan historis 'Jakarta Kota'. Dan soal historis, nama Chiao Tung sekarang diabadikan sebagai nama restoran di hotel Mercure Jakarta Kota.

Hotel Mercure Jakarta Kota merupakan hotel milik PT Adhi Putra Mulia, perusahaan yang dipimpin Sukowati Sosrodjojo, putra bungsu Soegiharto Sosrodjojo. Soegiharto sendiri merupakan anak ke-dua Sosrodjojo, perintis bisnis Teh Botol Sosro yang wafat pada 10 Maret 2010. Soegiharto dipercaya meneruskan kerajaan bisnis Sosro karena kakak dan adiknya sibuk mengurusi bisnis mereka sendiri. Soegiharto kemudian mempercayakan berbagai bisnis keluarga kepada 5 anaknya, termasuk kepada Sukowati. Selain mengelola PT Adhi Putra Mulia, Sukowati Sosrodjojo juga dipercaya mengurus PT Rekso Nasional Food, perusahaan pemegang lisensi dan pengelola jaringan restoran McDonald's.

PT Adhi Putra Mulia mengawali kiprahnya dengan mengelola Hotel Wisata Djaja. Pada 20 Januari 1994, Sukowati Sosrodjojo meneken kesepakatan kerjasama pengelolaan hotel dengan AccorHotels, group perusahaan manajemen hotel Prancis, untuk mengembangkan Hotel Wisata Djaja. Maka sejak tahun itu pula hotel tua Wisata Djaja dirombak habis dan diganti dengan hotel jangkung berlantai 16. Bangunan pendek berkesan antik yang sekarang ada di bagian depan hotel bukanlah sisa bangunan lama, melainkan rekaan baru. Setelah rampung, hotel itu diluncurkan dengan nama Mercure Rekso Hayam Wuruk.

Mercure merupakan salah satu brand hotel milik AccorHotels. Tahun lalu, 3 Maret 2016, atau 19 tahun setelah kehadiran Mercure Jakarta Kota, PT Adhi Putra Mulia, bekerjasama lagi dengan AccorHotels untuk menghadirkan satu lagi hotel di Jalan Jayam Wuruk, yang lokasinya tak seberapa jauh dari Mercure Jakarta Kota. Kali ini, brand hotel milik Mercure yang dihadirkan adalah Ibis. Maka akhirnya hadirlah hotel baru milik keluarga Teh Botol bernama Ibis Hotel Jakarta Harmoni.

Ketika hadir pada 1997, Mercure Jakarta Kota Hotel tercatat punya 240 kamar. Rinciannya: 95 kamar superior twin, 66 kamar superior deluxe, 38 kamar deluxe king, 8 kamar deluxe twin, 30
kamar executive deluxe, 1 kamar executive suite, dan 2 kamar presidential suite. Sekarang, website Mercure Hotel menyebut 243 kamar. Untuk keperluan konvensi, hotel bintang 4 ini punya Rekso Grahadika Ballroom yang bekapasits 1.000 orang. Ballroom ini biasa disekat menjadi 4 ruang pertemuan atau ruang rapat yang lebih kecil: Rekso Grhadika 1-4. Selain ballroom, masih ada lagi ruang yang memang berjati diri ruang rapat: Subhaya Room, Abhimata Room, dan Latiga Board Room.
Mercure Jakarta Kota
Jl. Hayam Wuruk No.123
Kelurahan Mangga Besar
Kecamatan Tamansari
Jakarta Barat
DKI Jakarta

Tel: 021-6248680
Fax: 021-6008441

Website: www.mercure.com

Link:
PT Sinar Sosro - www.sinarsosro.id
Rekso Group - www.rekso.com
Rekso International - www.reksointernational.com