Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Treasure Bay Bintan

Sabtu, 26 Februari 2011 19:31:57
photo: treasure bay bintan

Presiden SBY akan melawat ke Bintan, untuk meresmikan proyek perbaikan 'rumah tidak layak huni' sebanyak 1.555 unit. Itu kabar awal. Kabar terakhir, SBY juga akan meresmikan Treasure Bay Bintan, kawasan resort terpadu dan mewah di Kawasan Pariwisata Internasional Lagoi. Sangat kontras bukan? Yah, namanya juga Indonesia.

Treasure Bay Resort letaknya --kalau di peta-- berada di bawah resort kepiting 'Nirwana Gardens'. Via citra satelit Google belum bisa dinikmati. Tapi kalau lihat site plannya sudah jelas. Kalaulah ada yang sudah terlihat rampung pada citra satelit Google, hal itu adalah Terminal Ferry Bandar Bentan Telani, yang dalam site-plan akan menjadi gerbang Treasure Bay Resort.

Area Treasure Bay Bintan ini meliputi area cekungan atau teluk yang ada di dekat terminal ferry, yang menjorok ke dalam hingga 1,5 kilometer. Dengan kata lain, Treasure Bay Bintan ini lebih banyak berada di atas air ketimbang di darat.

Selain meresmikan, Presiden SBY juga dikabarkan akan memberikan 'nama baru' bagi Treasure Bay Bintan. Nama apa yang akan disematkan, masih rahasia.

Ketika dulu proyek ini hendak dimulai, Treasure Bay Bintan disebut-sebut akan jadi seperti Treasure Bay di belahan lain dunia: resort plus casino. Sekarang bagaimana?

Peta & Citra Satelit

Lagoi Beach

Treasury Bay Bintan
Kawasan Pariwisata Internasional Lagoi
Pulau Bintan
Kepulauan Riau

Website: www.treasurebaybintan.com

Pemilik: Landmarks Berhad, via Bintan Treasure Bay Pte Ltd - www.landmarks.com.my

Treasure Bay Bintan - Zona Selatan

Pembangunan Treasure Bay Bintan sudah dimulai sejak 2008, diawali dengan akuisisi Bintan Treasure Bay Pte Ltd oleh Landmarks Berhad pada April 2007. Landmark tertarik karena Bintan Treasure Bay Pte Ltd punya hak untuk menggarap lahan seluas 338 hektar di Kawasan Pariwisata Internasional Lagoi. Kawasan ini sendiri konon total luasnya mencapai 30.000 hektar.

Kalau ada perbedaan asal kedua perusahaan tadi, harap maklum saja. Semula ini memang proyek kerjaama ekonomi antar-negara, Indonesia dan Singapura, untuk mengembangkan Pulau Bintan, yang dimulai pada 1990. Presiden Soeharto dan PM Goh Chok Tong meresmikan proyek bersama ini pada Juli 1996.

Sayangnya, baru sempat merampungkan Terminal Ferry Bandar Bentan Telani, Terminal Ferry Tanah Merah di Singapura, dan Bintan Lagoon Resorts, krismon keburu melanda Asia. Proyek ini pun masuk perawatan IBRA alias BPPN. Dari situlah Landmarks Berhad masuk.

Treasure Bay Bintan - Zona Timur

Diniatkan sebagai 'water resort city', Treasure Bay Bintan akan terbentuk dari aneka pulau-pulau buatan, kanal, kolam, dan berbagai kavling yang menyesuaikan diri dengan kontur wilayah teluk Lagoi.

Pengembangannya dibagi ke dalam 4 zona:
  1. Barat - gerbang resort, berupa terminal ferry dan kapal pesiar, marina, resort, dan hotel.
  2. Utara - rumah mewah, villa, dan bungalow.
  3. Selatan - resor tematik dengan berbagai taman dan kanal. Juga pusat kebugaran dan spa.
  4. Timur - resort, apartemen, pusat perbelanjaan, apartemen, dan arena pertunjukan.

Treasure Bay Bintan - Zona Utara

Zona utara ini antara lain akan diisi dengan villa mewah yang berada di atas air. Dengan begitu, layaknya membawa mobil, para penyewa villa bisa langsung memarkir kapal dan yacht di depan villa.