Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Swiss-Belinn Kristal Kupang Hotel, Kota Kupang

Rabu, 02 Agustus 2017 22:25:03
photo: swiss-belinn kristal kupang / google street view

Dalexta Beach Hotel. Itu nama yang ingin disematkan PT Dalexta bagi hotel bintang 3 yang dibangunnya sejak 1994 di kawasan Pantai Pasir Panjang, Kota Kupang. Tapi ketika hotel 51 kamar itu rampung, ada aturan kalau hotel tak boleh pakai nama bernuansa asing. Walhasil, ketika akhirnya diresmikan Gubernur NTT Herman Musakabe pada 15 November 1996, nama yang disematkan adalah Kristal Hotel Kupang. Dan akhirnya, ketika sudah berjalan 15 tahun, dan jumlah kamar berlipat jadi 139 kamar, hotel ini meremajakan diri dan berganti nama menjadi Swiss-Belinn Kristal Kupang Hotel.

Tambahan kata Swiss-Belinn pada nama sang hotel tak lain karena David Fulbertus, dirut PT Dalexta, memutuskan untuk menyerahkan pengelolaan hotel kepada Swiss-Belhotel International, perusahaan pengelola jaringan hotel berlabel Swiss-Bel. ''Agar bisa lebih bersaing dengan hotel baru yang banyak bermunculan,'' bilang David Fulbertus, September 2011, ketika hotelnya sedang direnovasi untuk memenuhi acuan yang diberikan Swiss-Belhotel International. Selama renovasi yang berlangsung 6 bulan itu, yang dimulai Juni 2011, Kristal Hotel Kupang menggratiskan penggunaan ruang pertemuan, sebagai kompensasi kebisingan yang ditimbulkan selama renovasi.

Lantaran ingin mempertahankan status hotel bintang 3 yang sudah disandang sejak awal, PT Dalexta memilih brand Swiss-Belinn untuk diimbuhkan ke nama hotelnya. Swiss Belhotel International sendiri punya amat banyak brand berawalan 'Swiss-Bel'. Swiss-Belinn diperuntukkan bagi hotel bintang 3 atau hotel kelas ekonomi. Merek lain yang populer di Indonesia adalah Swiss-Belhotel, yang biasa dipakai untuk hotel bintang 4 dan 5, atau kelas menengah ke atas. Untuk memenuhi persyaratan menjadi Swiss-Belinn, sejumlah hal harus diperbarui, semisal sprinkler system untuk keperluan pemedam kebakaran. Sistem kelistrikan, termasuk sakelar lampu, juga diganti dengan yang lebih berkelas, dengan memakai Mallia System buatan Legrand.

Selain kelas bintangnya yang tetap 3, yang juga tetap dari hotel yang menghadap ke Teluk Kupang ini adalah ketinggiannya yang tetap 3 lantai. Di bangunan 3 lantai berbentuk L itulah 139 kamar hotelnya yang lumayan luas tersebar. Sesuai kelasnya, ukuran kamarnya berbeda-beda. Kelas Standard, kelas terbawah, tersedia 69 kamar. Di atasnya, ada 30 kamar kelas Deluxe yang berluasan 35 meter persegi. Dan yang teratas adalah 3 suite ukuran 56 meter persegi. Untuk keperluan konvensi, Swiss-Belinn Kristal Kupang Hotel punya banyak meeting room, temasuk Kristal Ballrom yang berkapasitas 750 orang. Ruang pertemuan lainnya adalah Kristal Ballroom, Flores Ballroom, Mahkota Room, dan Nemberala Room.

Siapa yang suka menginap di hotel bintang 3 ini? Presiden atau calon presiden republik ini kelihatannya suka menjadikan Swiss-Belinn Kristal Kupang Hotel sebagai tempat favorit. Presiden SBY, saat musim kampanye pencalonan dirinya untuk jadi presiden periode ke-2, sempat menginap 2 hari 1 malam: 14-15 Juni 2009. Alias ketika hotel ini belum menyandang label Swiss-Belinn. Jokowi pun, di musim kampanye pencalonan dirinya sebagai presiden, juga menginap di hotel ini pada 29 April 2014. Ketika itu Jokowi masih berstatus Gubernur DKI Jakarta.

Berbeda dari SBY, setelah jadi presiden, Jokowi berpaling ke lain hati. Ketika datang lagi ke Kupang pada 20 Desember 2014, dalam rangka memeriahkan HUT Provinsi NTT dan peresmian Siloams Hospital milik Lippo Group, Presiden Jokowi memilih menginap di Aston Kupang Hotel. Tujuh bulan kemudian, saat kunjungan dadakan untuk menengok progres pembangunan Bendungan Raknamo, 25 Juli 2015, Jokowi menginap lagi di Aston Hotel Kupang. Setahun kemudian juga begitu: 29 Juli 2016, ketika menghadiri puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXIII di Kupang. Mengapa Jokowi pindah ke lain hati? Karena Aston Kupang Hotel yang berbintang 4 sudah buka sejak 14 Mei 2014.

Peta & Citra Satelit

Hotel Kupang

Swiss Bell-In Kristal Kupang Hotel
Jl. Timor Raya 59
Kelurahan Pasir Panjang
Kecamatan Kota Lama
Kota Kupang
Nusa Tenggara Timur


Tel: 0380-825100, 825101, 825102, 825103
Fax: 0380-825104

Website: www.swiss-belhotel.com