Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Mitra Hotel, Kota Bandung

Senin, 07 Agustus 2017 11:38:03
photo: mitra hotel / google street view

Wisma Mitra IPTN. Hotel Mitra IPTN. Kedua nama itu menjadi pendahulu bagi nama Mitra Hotel: hotel bintang 3 di Jalan WR Supratman, Kota Bandung. Adapun kata IPTN merujuk pada Industri Pesawat Terbang Nusantara, atau sebelumnya lagi Industri Pesawat Terbang Nurtanio. Dengan kata lain, hotel yang dibangun pada 1983 dengan kelas Melati 3 ini dulunya menjadi 'satu usaha mandiri' di lingkungan PT Dirgantara Indonesia, nama terbaru bagi IPTN. Di awal tahun 2000-an Hotel Mitra IPTN dijual. Pada 2006, hotel ini direnovasi dan diperluas menjadi hotel bintang 3 dengan 40 kamar.

Pemprov Jabar, yang tak terlalu up-to-date dalam berbagi informasi publik, masih mencatat hotel ini dengan nama Hotel Mitra IPTN yang berkelas Melati 3. Pemerintah Kota Bandung, yang sudah agak lebih up-to-date, pada 2011 mencatat hotel ini sudah bernama Hotel Mitra, berbintang 3, dan punya 40 kamar. Adapun sekarang, dan juga ketika mahasiswa Telkom University menyusun skripsi tentangnya pada 2014, jumlah kamar hotel ini sudah meningkat menjadi 84 kamar. Kelas kamar dipilah menjadi Superior, Deluxe, Grand Deluxe, Junior Suite, dan Executive Suite. Penambahan kamar diiringi dengan penambahan area parkir hotel di halaman non-hotel yang berada di belakang hotel, yang diakses via Jalan Muararajeun di samping hotel..

Mitra Hotel hadir setinggi 5 lantai, dengan kolam renang semi-indoor: kolam renang terbuka di lantai dasar, yang terbuka menghadap taman belakang. Mulai Januari 2017, hotel ini menghadirkan kedai kopi Morning Glory di lantai 6 alias roof-top, yang memungkin para tamu menikmati pemandangan kota Bandung dari atas atap. Sebelum kedai kopi hadir, Mitra Hotel mengandalkan Restoran Kayu Manis untuk meraup laba dari sektor kuliner. Yang menjadi menu favorit di restoran ini, sejak masih menjadi bagian dari IPTN, adalah sup buntut. Menu andalan lainnya adalah ''Monster Burger'', yang satu porsi burger raksasanya diperuntukkan bagi 10 orang.

Potensi sebagai sarana konvensi juga dimanfaatkan hotel ini dengan menghadirkan Nusantara Ballroom atau Nusantara Hall. Ballroom seluas 244 meter persegi ini hanya bisa mengakomodasi sekitar 200 orang. Jika diperlukan untuk pertemuan kecil, ballroom ini bisa disekat dua menjadi Nusantara 1 dan Nusantara 2. Sedangkan jika dimanfaatkan untuk pesta pernikahan, yang memang disediakan paketnya, Nusantara Ballroom bisa menjamu hingga 350 tamu. Dan selain Nusantara Ballroom yang bisa dikecilkan, hotel ini juga punya ruang pertemuan yang memang lebih kecil: Sangkuring Room berkapasitas 70 orang dan Dayang Sumbi Room yang dipakai rapat 15 orang.

Peta & Citra Satelit

Hotel Bandung

Mitra Hotel
Jl. WR Supratman No 98
Kelurahan Cihaur Geulis
Kecamatan Cibeunying Kaler
Kota Bandung
Jawa Barat


Tel: 022-7207245
Fax: 022-7218304

Website: www.mitrahotel-bandung.com