Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Tanjung Lesung Beach Hotel, Kabupaten Pandeglang

Jumat, 04 Januari 2019 17:13:03
photo: tanjung lesung beach hotel / oyster.com

Tanjung Lesung Beach Hotel, atau yang dulu lebih populer dengan nama yang lebih panjang dan keren, Tanjung Lesung Beach Hotel & Resort, merupakan hotel bintang 4 di kawasan wisata yang sekarang dikenal sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Diniatkan menjadi 'Nusa Dua-nya Banten', kawasan pesisir ini sebagian besar berada wilayah pantai Tanjung Lesung, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. Selain menyuguhkan keindahan pantai sepanjang 13 kilometer, Tanjung Lesung juga mempromosikan view ke Gunung Anak Krakatau sebagai suguhannya.

Pada periode awal pengembangannya, kawasan wisata Tanjung Lesung hanya punya Tanjung Lesung Beach Hotel, yang terdiri dari 61 villa atau cottage. Hotel ini rampung pembangunannya pada 1997 dan dikelola oleh Accor Hotel. Belakangan, setelah pengelolanya, PT Banten West Java Tourism Development, diakuisisi PT Jababeka Tbk pada 2011, dan juga setelah kawasan ini ditetapkan sebagai sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung pada Februri 2012, fasilitas inap dan fasilitas wisatanya semakin ditambah. Antar lain lewat hadirnya Kalicaa Villa Estate, penginapan bersosok 61 unit villa kelas mewah.

PT Jababeka Tbk dikenal sebagai pengembang dan pengelola Kawasan Industri Jababeka di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Sebagai pengelola KEK Tanjung Lesung, perusahaan ini berlaku sebagai 'koordinator' pengembangan kawasan --seperti layaknya membangun kawasan industri--, alias mengundang investor untuk membangun berbagai sarana wisata di Tanjung Lesung.

Saat terjadi tsunami pada 22 Desember 2018, kawasan wisata Tanjung Lesung --yang tengah ramai tamu-- ikut terhantam gelombang. Tercatat lebih dari 50 orang tewas di Tanjung Lesung. Adapun banguna fisiknya, menurut Chairman Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono, sekitar 30 persen mengalami kerusakan dan 70 persen lainnya hanya perlu dibersihkan saja.Kalau bangunan yang rusak ingin dibangun kembali, ia menaksir akan butuh dana sekitar Rp 150 miliar. Atau lebih kongkritnya, kata Direktur Utama PT Banten West Java Tourism Development Poernomo Siswoprasetijo, ada 61 cottage yang rusak, berikut restoran dan meeting room.

Jababeka rugi di Tanjung Lesung akibat tsunami? Terus terang, Djuandi Darmaono bilang tidak. Atau tidak seberapa. Alasannya, pihaknya adalah pengembang kawasan atau pengembang kota baru. Yang Jababeka jual di KEK Tanjung Lesung adalah lahan. Kehadiran hotel di Tanjung Lesung hanyalah alat promosi untuk mengudang investor. Walhasil yang harus dilakukan Jababeka adalah menjaga kepercayaan investor agar tak hengkang dari Tanjung Lesung pasca-tsunami. Soal biaya pemulihan yang Rp 150 miliar? Biaya itu menurutnya baru perkiraan dan kalau pun harus dikeluarkan biayanya, biayanya akan bersumber dari asuransi. Hal ini dibenarkan Sekretaris Dewan Nasional KEK Eno Suharto Pranoto, yang tahu kalau semua hotel dan resort di Tanjung Lesung memang sudah diasuransikan.

Peta & Citra Satelit

Hotel Pandeglang

Tanjung Lesung Beach Hotel
Jl. Tanjung Lesung Kav. R 14 A
Desa Tanjungjaya
Kecamatan Panimbang
Kabupaten Pandeglang
Banten

Tel: 0253-802-900, 802-900
Fax: 0253-802-891

Website: www.tanjunglesung.com


Pengembang:
PT Banten West Java Tourism Development
PT Jababeka Tbk - www.jababeka.com
Supplier Test Kit DBD - Denguecheck Combo
Places TerdekatKm
KEK Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten 0,139
Kantor Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang 15,386
Pulau Umang 19,682
Kantor Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang 21,241
Kantor Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang 23,016
Pulau Panaitan, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang 49,630
Pulau Peucang, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang 52,374
Pemerintah Kabupaten Pandeglang 53,660
Pemerintah Kabupaten Lebak 66,807
Pemerintah Kota Cilegon 67,784
Hotel TerdekatKm
Tanjung Lesung Beach Hotel, Kabupaten Pandeglang 0,000
Mutiara Carita Cottages 26,904
Sambolo Beach Bungalows 30,656
Nuansa Bali Hotel, Anyer, Kabupaten Serang 49,336
Pandeglang Raya Hotel, Kabupaten Pandeglang 53,066
Horison Altama Pandeglang Hotel, Kabupaten Pandeglang 55,748
Gondang Hotel, Kota Cilegon 67,815
Cilegon City Hotel, Kota Cilegon 67,892
Cilegon Hotel, Kota Cilegon 68,016
Grand Elty Krakatoa Hotel, Kabupaten Lampung Selatan 90,839
Sewukuto ke Sumatera Utara
Mengirim kargo ke puluhan kota tujuan di Sumatera Utara. Cepat dan terjangkau.