Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Taman Sari Hotel, Kota Sukabumi
Senin, 15 Mei 2017 16:18:01
photo: hotel taman sari / google street view
Nama Karya Titan Group mungkin tak terlalu populer. Tapi kalau keju merek Baros, orang gampang menjumpainya di supermarket dan hipermarket. Pembuatnya, PT Bukit Baros Cempaka, yang punya pabrik di Kabupaten Sukabumi, adalah perusahaan milik PT Karya Titan atau Karya Titan Group. Begitu juga dengan hotel yang satu ini, Hotel Taman Sari, yang lokasinya masih satu kecamatan dengan Kantor Walikota Sukabumi. Hadir sebagai hotel bintang 2 di awal 2000-an, dengan 21 kamar, Hotel Taman Sari terus memoles diri, menambah jumlah kamar hingga mencapai 81 kamar, dan pada 2012 bisa menyandang status hotel bintang 3.

Bos Karya Titan Group, Dr Ing Rachmantio, salah satu pendiri Fakultas Teknik UI, pada Juni 2016 pernah menuturkan perjalanan bisnisnya kepada harian Kontan. Tentang Hotel Taman Sari, yang bernaung di bawah PT Taman Sari Cempaka, ia berkisah kalau hotel itu dibelinya 15 tahun lalu. ''Dulu itu hotel bisa dibilang ada maksiatnya. Kita beli dan ubah konsepnya jadi family hotel,'' kata Rachmantio. Sebelum mengembangkan Hotel Taman Sari, Rachmantio sudah lebih dulu membangun hotel yang seratus persen baru, Nuansa Bali Hotel, di Jalan Raya Karangbolong, Anyer, Serang, Banten. Hotel yang bernaung di bawah bendera PT Nuansa Bali Cempaka ini, yang berupa cottage dan bungalow, hadir sejak 1997.

Hotel Taman Sari, sebagaimana umumnya hotel di Indonesia, laris dipakai untuk berbagai pertemuan dan rapat kalangan pemerintahan. Ruang rapanya, kalau ditata ala theater, bisa dipakai untuk 150 orang. Kalau ditata ala class room, bisa menampung hingga 90 orang. Untuk acara outdoor, hotel ini punya area sekitar kolam renang yang bisa dipakai untung standing party hingga 500 orang, atau 120 orang jika ditata untuk round table. Keberadaan aneka fasilias itu, dan kamar yang terus bertambah, serta kualitas karyawannya, mengantar Hotel Taman Sari menjadi hotel berbintang 3 pada 2012.

Sebagai pelengkap sajian wisatanya, Hotel Taman Sari menawarkan juga paket camping dan outbond di Bukit Baros. Dari namanya bisa ditebak kalau ini berkaitan dengan merek keju yang disebut di awal. Bukit Baros memang merupakan nama area camping komersial yang dikelola Titan Karya Group. Lokasinya berada di sekitar pabrik keju PT Bukit Baros Cempaka, yang berada Desa Sasagran, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, di sebelah selatan Kota Sukabumi. Kalau membeli paket camping Hotel Taman Sari, tour keliling pabrik keju sudah termasuk dalam menu campingnya.

Area camping dan pabrik di Bukit Baros, kata Rachmantio, luasnya mencapai 26 hektar. Dulu, 1982, tanah luas itu ia jadikan kebun cabai dan peternakan kecil-kecilan: mememelhara 45.000 ekor ayam dan 20 ekor sapi. Baru pada 2002, saat perusahaannya masih bernama CV Bukit Baros Cempaka, usaha pembuatan keju gouda (keju keras dan mahal ala Belanda) dimulai. Saat itu, keju dipasarkan dengan merek Natura. Pada 2014, barulah merek Baros dipakai, dan ragam produk keju pun diperluas. Mulai dari mozarella (keju lembek dan murah ala Itali), cheddar, red cheddar, edam, dan keju gouda olahan.
Hotel Taman Sari
Jl. Surya Kencana No. 112
Kecamatan Cikole
Kota Sukabumi
Jawa Barat


Tel: 0266-225008, 211457
Fax: 0266-229253

Website: www.tamansarihotel.com

Pemilik: PT Taman Sari Cempaka - Titan Group

Karya Titan Group
PT Bukit Baros Cempaka - www.bukitbaros.co.id
Nuansa Bali Hotel - PT Nuansa Bali Cempaka - www.nuansabalihotel.com
PT Profescipta Wahanateknik - www.profescipta.co.id
DIPSsrategy - www.dipstrategy.com