Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pantan Toraja Hotel, Kabupaten Tana Toraja
Selasa, 22 Agustus 2017 18:01:46
photo: pantan toraja hotel / google street view
Marannu Tower Hotel Makassar sudah ganti nama jadi Singgasana Hotel Makassar. Hotel berlabel Marannu lainnya juga ikutan. Marannu City Hotel Toraja, yang berada persis di samping Kantor Bupati Tana Toraja, sekarang menjelma jadi Pantan Toraja Hotel. Hanya saja, pemiliknya tak lagi keluarga almarhum Andi Mattalatta, melainkan sudah beralih jadi milik keluarga almarhum HM Yunus Kadir. Hotel ini, pada 23 Maret 2010. dijual Andi Ilhamsyah Mattalatta seharga Rp 20 miliar kepada HM Yunus Kadir: mantan Ketua PD Muhammadiyah Tana Toraja dan pendiri kelompok usaha Gasing Group.

Berarsitektur khas Tana Toraja, Pantan Toraja Hotel merupakan hotel bintang 3 yang hanya punya 48 kamar. Kelas kamarnya hanya Standard Room dan Suite. Tidak diketahui kapan hotel ini berdiri. Yang jelas, saat resmi membeli Maranu City Hotel Toraja pada 23 Maret 2010, HM Yunus Kadir mengucapkan terima kasih kepada karyawan yang telah belasan tahun berkarya di hotel itu. Setelah membeli, ia pun langsung mengganti nama hotel. Saat perayaaan Paskah 20 April 2010, hotel itu sudah menyandang nama baru: Pantan Toraja Hotel. Nama Pantan diambil dari nama kelurahan tempatnya berada.

HM Yunus Kadir sudah berpulang pada 1 Desember 2016, di usia 64 tahun, saat menjabat sebagai Wakil Ketua Pengurus Wilayah Muhamadiyah (PW) Sulawesi Selatan. Sekarang, Gasing Group (PT Gasing Sulawesi) --yang namanya dipetik dari daerah asal sang pendiri: Lembang Gasing, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja-- dilanjutkan pengelolaanya oleh salah seorang putranya, Yunan Yunus Kadir, yang saat ini menjadi Bendahara PW Muhammadiyah Sulsel. Putranya yang lain lagi, Adnan Kadir, dipercaya mengelola perusahaan yang namanya dipetik dari nama sang ayah, PT HM Yunus Kadir, yang antara lain menjadi agen resmi penjualan gas elpiji 3 kg.
Pantan Toraja Hotel
Jl. Pongtiku No.116-118
Kelurahan Pantan
Kecamatan Makale
Kabupaten Tana Toraja
Sulawesi Selatan

Tel: 0423-22221
Fax: 0423-22028