Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

New Benakutai Hotel, Kota Balikpapan

Senin, 21 Agustus 2017 02:26:57
photo: new benakutai hotel / google street view

11-11-11. Tanggal istimewa ini, 11 November 2011, dipilih sebagai hari untuk menggelar soft opening New Benakutai Hotel, nama baru bagi Benakutai Hotel: hotel bintang 4 berlantai 10 di Kota Balipapan, Kalimantan Timur, yang sempat tutup dan mem-phk ratusan karyawannya pada 2007. Nama hotelnya baru, pemiliknya juga baru. Hotel yang berdiri sejak 17 Juni 1980 ini dulunya milik H Adji Rustam Effendi, pengusaha asal Kutai. Sekarang hotel ini milik Hamu Hotel Group, sub-holding perhotelan Fajar Group, kelompok usaha yang dikenal sebagai raja media di Indonesia Timur.

New Benakutai Hotel memang tak seratus persen baru. Hotel ini dulu diakui sebagai hotel termewah pertama di Balikpapan, dan disebut sebaga ikon Balikpapan dan Kalimantan Timur. Ketika pertama kali hadir pada 1980, ia jadi milik usaha patungan antara pengusaha Malaysia dan pengusaha asal Kaltim. Pada 1992, kepemilikannya beralih ke tangan PT Bena Kutai, perusahaan milik H Adji Rustam Effendi, pengusaha asal Kabupaten Kutai: kabupaten yang sekarang sudah tak eksis lagi karena sudah dimekarkan jadi Kabupaten Kutai Barat, Kutai Timur, dan Kutai Kartanegara, serta Kota Bontang. Ketika H Adji Rustam Effendi meninggal pada September 2005, pengelolaan hotel dilanjutkan dua putranya: Adji Indrajaya sebagai komisaris PT Bena Kutai dan H Adji Aria Widjaja sebagai presiden direktur.

Sedari awal, Benakutai Hotel dirancang sebagai hotel besar: 10 lantai dengan 220 kamar. Ketika dibuka pada Juni 1980, yang difungsikan hanya 2 lantai, yang selain untuk kamar juga untuk area lobi dan Enggang Coffe House. Pada 2007, seluruh kamar sudah tersedia, tapi yang difungsikan hanya 176 kamar, dengan 5 kelas: Superior Room, Club Room, Senior Suite, Governor Suite, dan Kutai Suite. Dan pada 2007 itu pula tercatat kalau Benakutai Hotel mulai merumahkan para ratusan karyawannya. Hingga November 2016 lalu, masalah phk karyawan Benakutai Hotel ini masih bergaung: masih ada 76 karyawan eks-Benakutai Hotel yang mengadukan nasibnya ke DPRD Kota Balikpapan.

DPRD Kota Balikpapan sedari awal sudah ikut sibuk menangani nasib karyawan eks-Benakutai Hotel. Pada Februari 2009, misalnya, DPRD pernah mengancam akan menjemput paksa Presiden Direktur PT Bena Kutai H Adji Aria Widjaja guna menyelesaikan pesangon sebesar Rp 13 miliar bagi 300 karyawan yang dirumahkan. Manajemen hotel sendiri ketika itu berjanji akan membayar pesangon karyawan setelah menerima uang pembayaran penjualan hotel sebesar Rp 150 miliar. Pada April 2011, DPRD Kota Balikpapan kembali beraksi, dengan melakukan sidak ke hotel yang sedang direnovasi, karena masih ada 170 eks-karyawan Benakutai Hotel yang belum menerima pesangon.

Meski masih ada masalah dengan eks-karyawan, Benakutai Hotel akhirnya bisa beroperasi kembali setelah menggelar soft opening pada 11 November 2011, dan menyematkan nama baru sebagai New Benakutai Hotel & Apartment. Apartemen? Memang begitu sosoknya sekarang: hotel dan apartemen. Saat soft opening, baru 68 kamar hotel yang tersedia, dari total 200 kamar yang direncanakan. Fasiltas baru yang juga diperkenalkan pada peresmian hotel itu adalah museum mini --yang mengoleksi benda bersejarah dan purbakala Kaltim-- serta Las Vegas Karaoke dan Texas Pub. Per November 2015, jumlah kamar New Benakutai Hotel yang difungsikan sudah mencapai 91 kamar. Sekarang, di area gerbang hotel, juga teradapat restoran Pizza Hut.

New Benakutai Hotel sekarang berada di bawah kendali Hamu Hotel Group, sub-holding perhotelan Fajar Group, kelompok usaha milik HM Alwi Hamu (staf khusus Wapres Jusuf Kalla), yang berbasis di Makassar, dan dikenal sebagai raja media di Indonesia Timur. Selain New Benakutai Hotel, group ini juga memiliki dan mengelola Nagoya Plasa Hotel (Batam), Arumbai Hotel (Biak), dan Sasando Hotel (Kupang). Adapun yang menjadi pengelola Hamu Hotel Group adalah salah seorang putranya, Muhammad Hatta Alwi Hamu.

Peta & Citra Satelit

Hotel Balikpapan

New Benakutai Hotel
Jl. Ahmad Yani No. 32-33
Kelurahan Klandasan Ilir
Kecamatan Balikpapan Kota
Kota Balikpapan
Kalimantan Timur

Tel: 0542-421178
Fax:0542-413912

Website: www.hamuhotelgroup.com